post image
KOMENTAR
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sejak Minggu (8/12/2013) mulai melakukan pendataan bagi pengungsi Sinabung yang akan menerima cash for work atau upah kerja tunai.

Cash for work tersebut diberikan untuk membantu para korban erupsi Gunung Sinabung yang kehilangan mata pencaharian selama dalam pengungsian.

"Pemerintah rencananya akan memberikan cash for work bagi para pengungsi agar dapat membantu kehidupan ekonomi pengungsi," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya kepada MedanBagus.Com, Minggu (8/12/2013) malam.

Meski tak disebutkan berapa jumlah, namun menurut Sutopo, pihaknya saat ini tengah melakukan validasi data terhadap warga terdampak yang akan penerima cash for work.

"Identifikasi bagi penerima bantuan dilakukan by name, by picture dan by address," lanjut Sutopo.

Diketahui, letusan Gunung Sinabung sejak Oktober lalu, tak hanya menyebabkan ribuan warga mengungsi, namun juga secara langsung memukul industri pertanian di sana. Selain mengganggu produksi tanaman holtikultura milik petani, ribuan hektar lahan pertanian juga mengalami puso.

Dinas Pertanian Sumatera Utara mencatat, kerugian para petani yang ditimbulkan dari erupsi Gunung Sinabung berkisar Rp 40.139.532.000. Itu belum termasuk penurunan produksi sebesar 30 persen.

Di sisi lain, menurut Kadis Pertanian Sumatera Utara M Roem, lahan perkebunan dan pertanian yang terdampak erupsi Gunung Sinabung seluas 27.003 hektar dimana seluas 1.370 Ha diantaranya diperkirakan alami puso.

Mengantisipasi persoalan ini, Pemprovsu meminta Kementerian Pertanian untuk ikut membantu kerugian yang dialami para petani.

"Usulan Pemprovsu telah disetujui Kemenpertanian untuk membantu bibit jeruk seluas 250 ha dan 70 ha bibit sayuran di APBD 2014 nanti," pungkasnya. [ded]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas